Selasa, 15 Desember 2009

Beranda

Ilmu Komputer di Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tahun 2005 dan terdiri atas dua program studi: Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer dan Prodi Pendidikan Ilmu Komputer. Prodi Ilmu Komputer menghasilkan Sarjana Komputer (S.Kom) dan Prodi Pendidikan Ilmu Komputer menghasilkan Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan akta IV Pendidikan Ilmu Komputer. Kedua prodi ini merupakan bagian dari Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Mulai dari tahun 2009 kedua prodi ini telah menghasilkan lulusan.

Lulusan Prodi Ilmu Komputer diharapkan menjadi sarjana komputer yang memiliki kemampuan yang kuat dalam inovasi, analisis, perancangan dan implementasi sistem IT. Sedangkan lulusan Pendidikan Ilmu Komputer diharapkan menjadi guru TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang kompeten dan mampu memadukan antara teknologi informasi dengan pendidikan. Ini sejalan dengan visi utama unit akademik UPI yaitu mampu menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif serta mampu berkembang secara berkelanjutan.

Kedua prodi ini didukung oleh intake mahasiswa yang berkualitas. Prodi Pendidikan ilkom adalah prodi dengan tingkat ketetatan masuk tertinggi se-UPI di tahun 2009, sedangkan Prodi Ilkom tertinggi diantara prodi non kependidikan yang lain.

Sedangkan dosen-dosen berasal dari bidang kependidikan maupun ilmu komputer/Informatika atau bahkan kombinasi keduanya. Saat ini terdapat 15 dosen tetap dan terus bertambah.

Lab Pemrograman Lanjut Lab Dasar Lab Basisdata Lab Multimedia
Sebagian Lab Komputer

Dari sisi fasilitas, saat ini Prodi Ilkom dan Pendidikan Ilkom menempati Gedung FPMIPA-C (Gedung Ilkom) yang baru direnovasi. Terdapat delapan laboratorium komputer pada gedung ini yaitu dua lab dasar, lab pemrograman lanjut, lab basisdata, lab multimedia, lab jaringan, lab kecerdasan buatan dan lab sistem informasi.

Selain mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat aktif berorganisasi melalui KEMAKOM (Keluarga Mahasiswa Ilmu Komputer), dengan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan tahunan DINAMIK. Selain itu mahasiswa dapat memilih unit-unit yang sesuai di UPI baik olahraga, kesenian maupun keagamaan.

Untuk masuk ke Prodi Ilkom dan Pendidikan Ilkom calon mahasiswa dapat mengikuti tiga jalur: jalur SNMPTN, jalur penelusuran minat dan bakat (PMDK) dan jalur Ujian Masuk UPI (UM-UPI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar