Selasa, 15 Desember 2009

SCIENCE AND TECHNOLOGY

Manusia mahkluk utama di muka Bumi, karena manusia diberkahi kelebihan-kelebihan ketimbang mahkluk lainnya, yaitu kemampuan berlogika, beretika dan berestetika. Hal itulah yang memungkinkan manusia untuk selalu mengembangkan dirinya melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejak zaman prasejarah manusia selalu berusaha menciptakan perkakas untuk mempermudah aktivitas kehidupannya, seperti kapak genggam, kapak persegi, kapak lonjong, nekara, bejana, dan sebagainya.

Perkembangan daya cipta manusia untuk mempermudah aktivitas kehidupannya berlanjut hingga kini dan mendatang. Salah satu daya cipta manusia yang berkembang pesat di zaman modern ini adalah telekomunikasi. Berkomunikasi jarak jauh dan cepat, diperlukan alat yang mendukung berupa Telepon. Keterbatasan dari instansi terkait untuk memenuhi kebutuhan konsumen, muncullah daya cipta manusia untuk menciptakan alat telekomunikasi yang dapat dibawa bepergian yang disebut Handphone (HP). Semula HP hanya dikenal hitam-putih dan itupun terasa sangat mahal bagi konsumen, sepertinya konsumen golongan menengah ke bawah sulit untuk menjangkaunya. Seiring dengan perkembangan zaman, manusia terus bersaing untuk menciptakan HP yang lebih canggih dan dapat dijangkau konsumen menengah ke bawah. HP semakin lengkap dengan fasilitas-fasilitas seperti full color, MP3, camera, video, dan sebagainya dengan harga relatif murah dapat dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Mungkin banyak orang tidak mengira dirinya akan memiliki HP, tapi kenyataannya bisa. HP bak pisang goreng, dari anak TK sampai kalangan tua, pedagang kaki lima, pemulung, petani, nelayan, pedagang acung, hampir semua memiliki HP. Kebutuhan untuk dapat berkomunikasi jarak jauh dengan cepat di manapun berada, maka manusia merasa perlu memiliki barang tersebut. Di samping itu, memungkinkan bagi pemiliknya untuk menikmati musik, video dan juga dapat mengabadikan/merekam momen-momen tertentu.

Bagaimana dengan Laptop? Laptop merupakan alat bantu kerja yang berhubungan dengan perkantoran dan alat bantu belajar bagi siswa dan mahasiswa. Keberadaan Laptop juga sedang berkembang, tapi belum menjamur seperti HP. Anak-anak sekolah di kota hampir 80% memiliki HP bahkan lebih, sedangkan Laptop jauh dari prosentase tersebut bahkan sangat jarang. Sekolah yang berstandar SBI/RSBI, apakah siswa-siswanya sudah membawa/menggunakan Laptop? Kita tunggu perkembangannya, 3 sampai 5 tahun ke depan mungkin laptop akan menjamur seperti kebutuhan akan HP. Jika dikalangan pendidikan, pendidik dan peserta didik di Indonesia semua membawa/menggunakan laptop dalam proses pembelajaran, bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia? Dan bagaimana dengan kesejahteraan gurunya? Inilah tantangan zaman ke depan.

Tips memilih komputer Kuncinya, tanya dan komparasi

Banyak orang yang kebingungan saat hendak membeli komputer baru. Terlebih saat ini semakin banyak model komputer baru yang bermunculan dan menawarkan fitur dan kecanggihan yang ’lebih’. Untuk itu sebenarnya tak perlu bingung, berikut beberapa aspek yang bisa dijadikan tips dan acuan sebelum memutuskan beli komputer baru.

Tiga sumber berbeda
Saat hendak membeli komputer baru, ada baiknya anda mencari informasi hardware sebanyak- banyaknya dari tiga sumber: pengguna komputer, media dan manufaktur. Ketiganya pastinya memiliki perspektif berbeda.

Dari pengguna, khususnya yang sudah punya pengalaman, anda bisa mendapatkan kelemahan dan keuggulan hardware itu. Anda juga bisa mengikuti milis yang berkaitan dengan komputer, dan menanyakan kebingunan anda di sana, karena di milis user kerap sharing informasi.

Informasi produk komputer bisa juga dicari di media-media cetak atau pun elektronik serta manufaktur. Dari ketiga prespektif ini, anda bisa memilahmilah hardware mana yang sesuai kebutuhan anda.

Memori
Ada baiknya Anda tidak hanya berpatokan pada kecepatan CPU dan besar hard disk. Orang terkadang tidak memperhatikan kebutuhan RAM (random access memory) alias memori. Padahal ketika komputer memiliki memori terbatas, sistem tidak akan memberitahu kalau dia (komputer-red) butuh memori. Akhirnya sistem akan memakai hard disk sebagai pengganti memori, bahasa teknisnya dikenal dengan virtual memory atau swap space. Sebaiknya, bekali komputer Anda dengan RAM secukupnya. Misalnya RAM minimal 2 GB jika anda ingin menggunakan sistem operasi yang paling baru beserta semua fiturnya (Windows Vista-red).

Tes produk
Tes terlebih dulu perangkat komputer yang akan dibeli, misalnya kondisi tombol keyboard, mouse dan monitor. Jika ingin membeli laptop, pastikan juga mouse pointing bekerja dengan baik. Perhatikan juga brightness monitor, khususnya laptop yang sering digunakan di area terang. Pastikan display monitor Anda dalam kondisi baik dan sesuai dengan pandangan mata Anda.

Merek
Yang pasti, hampir sebagian besar komputer dibuat dari komponen yang sama. Meski demikian, pilihlah peripheral komputer yang memiliki customer support yang bagus. Jangan bergantung pada satu merek PC tertentu, bahwa PC merek A lebih baik dan lebih kencang dibanding PC merek B. Anda bisa meminta referensi dari teman dan pengguna lain yang sudah pernah menggunakan produk tersebut. Cek pula garansi, support produknya di situs, atau kalau perlu hubungi call support perusahaan dengan beberapa pertanyaan.

Momen diskon
Komputer sebagian besar merupakan barang komoditas. Sebab itu, di pasaran banyak digeber promo-promo produk secara agresif. Tak ada salahnya jika anda melihat stok produk yang sudah lama karena biasanya para manufaktur menurunkan harga produk lama, menyusul banyaknya komputer model baru yang masuk. Mereka biasanya juga memberikan insentif lain dengan menawarkan potongan harga khusus, seperti promosi spesial.

Menyulap komputer bekas pakai Dari "ratu monitor"untuk dunia ketiga

INGAT, komputer bekas bukan berarti tak bisa dipakai. Sedikit ‘sentuhan’ saja, maka terbantulah anak-anak di negara berkembang yang tidak mampu membeli komputer baru.

Seperti itulah yang dilakukan Mary Tiong. Wanita kelahiran Sarawak, Malaysia, ini membangun perusahaan yang membesut komputer bekas menjadi siap pakai dan disalurkan ke berbagai negara berkembang. Unit-unit komputer yang ia kelola mayoritas beredar ke kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tiong menyebut dirinya sebagai The Monitor Queen. Wanita berusia 41 tahun itu kini memiliki perusahaan khusus pengelolaan komputer bekas bernama Second Life Computer Remanufacturing di Pittsburgh, Amerika Serikat.

Seperti ditulis AP, Jumat lalu, tujuan perusahaan itu adalah untuk membantu mengurangi sampah-sampah elektronik yang meningkat di Amerika Serikat, sekaligus memenuhi kebutuhan perlengkapan komputer di negara berkembang.

Komputer bekas yang diperoleh Tiong berasal dari sekolah, kantor hukum dan perusahaan farmasi yang mendonorkan komputer bekas mereka untuk Tiong. Selain itu Tiong juga membeli komputer-komputer bekas seharga USD 10 atau sekitar Rp 90 ribu, bahkan kurang.

Setiap paket yang telah siap pakai dikirim ke kawasan pedalaman dan dijual seharga kurang dari USD 100 atau sekitar Rp 900 ribu. Kini hasil usaha Tiong telah menjangkau sekolah-sekolah dan konsumen lain di Malaysia, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Argentina. Tiong juga berharap, dirinya dapat menjangkau Peru dan Afrika Selatan.

Kontainer Usaha Tiong bermula pada 1998, ketika ia memulai perjalanannya ke Amerika Serikat. Ia membeli kontainer yang dipenuhi monitor dan mengapalkannya ke pabrik perbaikannya di Malaysia untuk diperbaiki. Selanjutnya ia menjual monitor-monitor tersebut ke Singapura, Rusia dan Papua Nugini.

Tahun berikutnya, Tiong memulai membeli komputer tua dan bekas dari kawasan Atlanta, Boston dan San Francisco. Dan pada tahun 2000 dan 2004, ia memperluas perburuannya ke Australia dan Kanada.

Sejak 2005, perusahaan Tiong telah mengirimkan 35 kontainer komputer ke fasilitas pemanufakturan ulang di Kuala Lumpur dan Penang, Malaysia. Satu kontainer mampu menampung sekitar 2.000 komputer atau 800 hingga 1.000 monitor.

Setiba di Malaysia, komputer-komputer bekas tersebut diperiksa dan diperbaiki sebelum akhirnya menjadi siap pakai. Tiong berusaha untuk menghindari proses daur ulang yang melibatkan penghancuran atau perusakan mesin. Yang menjadi misi Tiong adalah memperbaiki perangkat tersebut sehingga bisa digunakan orang-orang yang tak mampu mengakses teknologi.

Dalam situsnya, Second Life mengungkap, kurang dari 1 persen perangkat yang diperbaharui, 2 persen dari perangkat yang dibuat ulang dan 5 persen perangkat daur ulangnya yang masuk ke tempat pemusnahan. Tiong beralasan, hanya sedikit bagian yang akhirnya dibuang, karena sekecil apa pun barang seperti chip, sebenarnya tetap dapat digunakan kembali.

Internet bisa picu depresi

Coba jawab, apakah ketika bangun di pagi hari Anda langsung menyalakan komputer untuk mengakses internet, atau tiba-tiba di tengah malam kita sering terobsesi mengecek e-mail? Jika iya, mungkin Anda perlu berhatihati, karena bisa jadi Anda sudah termasuk pecandu internet.

ITULAH salah satu hasil riset dari sekelompok para peneliti dunia terkait penyimpangan yang terjadi pada pecandu internet. Menurut riset yang menganalisis sampel berusia 16 hingga 60 tahun, jika para pecandu ini tidak bisa melampiaskan hasrat mereka untuk online, dikhawatirkan orang itu bisa menjadi depresi.

“Pecandu internet tidak hanya menyatakan pada suatu keinginan, tetapi lebih dari itu. Ini sudah termasuk permohonan yang mendalam. Mereka (pecandu internet, red.) sudah seperti para pecandu kopi atau mereka yang kecanduan berbicara via ponsel,” ujar Dr Pinhas Dannon, dari Universitas Tel Aviv, yang sekaligus pemimpin riset ini.

Para pecandu internet, tambah Dr Dannon, selanjutnya bisa mengalami masalah kekurangan waktu tidur, gelisah ketika tidak bisa online, terisolasi dari keluarga dan kelompoknya, kehilangan pekerjaan hingga yang paling parah mengalami depresi yang mendalam.

Seperti dikutip dari Hindu News, Senin lalu, kelompok riset ini juga menyimpulkan bahwa mereka yang rentan terjebak kecanduan internet ad-alah mereka yang merasa kesepian.

“Namun kami juga ingin menyampaikan bahwa kita perlu melihat para pecandu internet dengan beberapa tipe. Dan jika kita tidak mengubah cara kita menggolongkan mereka, maka kita tidak akan bisa memperlakukan mereka dengan cara yang tepat,” tandas Dr Dannon. dtknet/zal

JARINGAN (Pengetahuan Komputer)

penerapan yang sangat luas, untuk itu dalam tulisan ini akan dibahas lebih lanjut mengenai teknologi pendidikan khususnya dalam hal penerapannya serta prospek perkembangannya di tengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya masyarakat. . Proses belajar mengajar yang menerapkan teknologi informasi mutakhir dapat berupa penggunaan media elektronik seperti radio, TV, internet dan sistim jaringan komputer, serta bentuk-bentuk teledukasi lainnya. Jaringan komunikasi untuk keperluan internal, yang mampu membuat sesama karyawan dapat bertukar informasi dan bertukar pengetahuan ataupun media penyampaian informasi kebijakan perusahaan pengganti majalah, bulletin di internal
Kusmayanto Kadiman (mantan Menristek), yang akrab di panggil Pak KK, mengatakan “fisika semikonduktor membuka jalan bagi teknologi digital dan industri komputer dan otomasi. Ini memungkinkan manufaktur berpresisi tinggi dengan kecepatan Bahkan menurut penelitian Edward Denison, pada rentang 1929-1957, empat puluh persen peningkatan Gross Domestic Product (GDP) Amerika Serikat disebabkan oleh peningkatan ilmu pengetahuan. Mengapa teknologi memegang peran penting dalam
Penerapan AI (artificial Intelligence) terhadap Jaringan komputer dan Urgensinya Didalam Teknologi Informasi 52 dilakukan denagn cara menelusuri basis pengetahuan yang Spesialis jaringan bekerja sama dengan analis sistem dan pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumberdayakomputer yang tersebut. Spesialis jaringan menggambungkan keahlian bidang komputer dan telekomunikasi. Programmer menggunakan dokumentasi yang Ketika para manajer melaksanakan fungsi-fungsi mereka dan memainkan peran mereka, mereka menambah keahlian komunikasi dan pemecahan masalah dengan pengetahuan tenatngkomputer dan informasi.
home router (misalnya Linksys WRT610N Linksys WNDR3700 atau yang biasanya terintegrasi dengan fitur NAT firewall, 4 port LAN Switch, dan jalur akses nirkabel) tidak membutuhkan pengetahuan kompleksitas dalam jaringan komputer. Bagus nih artikelnya bisa nambah wawasan dan pengetahuan tentang jaringan komputer. Dan tentang remote desktop canggih juga ya. rumah blogger, 2009 November 30 15:38. ijin simpan ya, siapa tahu nanti diperlukan. thanx atas ilmunya nic ArsitekturKomputer Jaringan komputer Jaringan Komputer Lanjut Sistem Pengaturan Pemrograman Sistem Pengetahuan Komponen Komputer 2 Dasar OP - AMP Internet Basic | Pengetahuan dasar internet cara menghubungkan internet sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di Jaringan Komputer Lanjut Sistem Pengaturan Pemrograman Sistem Pengetahuan Komponen Komputer 2 Pendahuluan
Computer networking sales and services. Details on services, prices, cabling and switching devices, and mission statement.
Jaringan komputer? emang apa sih jaringan itu? kita sering dengar tapi kadang, yang kita tahu hanya sedikit saja. bisa kita analogikan seperti jaringan di tubuh kita (jaringan sel). di tubuh kita, setiap perangkat yang ada saling Dewasa ini perkembangan teknologi jaringankomputer melaju dengan sangat cepat. Dalam situasi seperti ini diperlukan adanya dasar pengetahuan yang memadai tentang teknologi dan
Enkripsi Untuk Keamanan Jaringan Komputer. Diterbitkan Oleh enomoki corporation | Kamis, 19 November 2009 | Label: Pengetahuan. Salah satu hal yang penting dalam komunikasi menggunakan computer untuk menjamin kerahasian data adalah
Get the best free web statistics and web counter for your domain; PENGETAHUAN KOMPUTER DAN JARINGAN - damas-tkj.blogspot.com - Visitor Statistics
Banyak tutorial jaringan komputer yang tersedia dari Internet dapat didownload secara gratis. Banyak profesional jaringan murah hati telah berbagi pengetahuan mereka untuk kepentingan banyak orang lain. Sekali Anda menjadi master dengan
Pengetahuan tentang jaringan komputer menjadi hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan di atas. Salah satu teknologi yang digunakan dalam membangun suatu sistem jaringankomputer
“PENGETAHUAN DASAR JARINGAN LINUX” http://www.softwarefreedomday.org. Support By : Pengenalan jaringan Network atau jaringan, dalam bidangkomputer dapat diartikan sebagai dua atau
Dalam pembelajaran orang dewasa telah terjadi perubahan yang cepat khususnya dalam pengembangan metode-metode pengajaran dan pengantaraan termasuk di dalamnya pemanfaatan teknologi jaringankomputer kecepatan tinggi. . bahasa dan latar belakang sosio-ekonomi, (3) mengakui bahwa setiap keputusan kurikulum adalah pemilihan daripada kebenaran lengkap, (4) menjadikan eksplisit pola mata pelajaran pendukung yang rasional, dan (5) responsif terhadap dasar pengetahuan siswa.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Menuntut Ketersediaan HPC

[Unpad.ac.id, 7/12] Globalisasi semakin lama semakin menuntut kemajuan dalam bidang teknologi, tak terkecuali dalam hal komputasi (computing). Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut teknologi komputer untuk meningkatkan performanya dalam berbagai hal seperti dari kinerja(performance), penyimpanan (storage) dan ketersediaan yang tinggi (high availability). Salah satu jawabannya adalah komputasi dengan performa tinggi (High Performance Computing/HPC).

“Komputer dengan performa tinggi dapat memecahkan banyak masalah lebih cepat, lebih akurat dan lebih murah. Hal ini tidak hanya berlaku untuk bidang ilmu pengetahuan saja, tetapi juga berlaku untuk bidang industri dan pemerintahan,” jelas dosen Jurusan Fisika FMIPA Unpad, Dr. Irwan Ary Dharmawan M.Si., saat menjadi pembicara pada Workshop on High Performance Computing: From Design to Application. Acara ini diselenggarakan oleh Jurusan Fisika FMIPA Unpad bekerja sama dengan University of Kaiserslautern Jerman di Ruang Jurusan Fisika FMIPA Unpad di Jatinangor, Senin (7/12).

Menurut Ketua Jurusan Fisika FMIPA Unpad Dr. rer. nat. Ayi Bahtiar, workshop ini diselenggarakan sebagai bentuk implementasi MoU antara Unpad dengan University of Kaiserslautern dalam bidang ilmu murni, matematika dan teknologi. “Workshop ini juga diselenggarakan untuk menjalin komunikasi serta berbagi ilmu dan pengalaman dalam bidang komputasi ini dengan sesama peneliti,” jelas Dr. Ayi. Workshop diikuti tidak hanya peneliti dari Unpad saja, tapi tercatat juga dari UGM, ITB, BATAN, LIPI, Unika Atmajaya, Unibraw, Universitas Negeri Jember, Unsri, Institut Teknologi Telkom dan Utrecht University.

Dr. Irwan menyampaikan bahwa HPC ini telah banyak diaplikasikan di berbagai bidang, antara lain dalam hal perkiraan cuaca, desain industri, model astronomi, sumber data, dan lain-lain. “Saat ini, pengembangan HPC masih didominasi oleh negara Amerika Serikat, Jerman, Cina, Jepang, dan negara-negara maju lainnya. Di Indonesia baru beberapa institusi yang mengembangkan HPC ini, tapi keberadaannya masih tersebar di berbagai bagian, tidak terpusat,” jelas Dr. Irwan.

Menurut fisikawan dari University of Kaiserslautern Jerman, Gerolf Ziegenhain Dr. rer. nat, Dipl. Phys., yang hadir sebagai pembicara, HPC sangat dibutuhkan dalam hal akurasi. “Pada perhitungan-perhitungan dengan skala kecil, mungkin kita masih dapat menggunakan komputer biasa. Tapi, apabila sudah melibatkan algoritma yang rumit dan dalam skala besar, kita membutuhkan super computing untuk melakukannya,” jelas Gerolf.

Saat ini perusahaan di dunia yang mengaplikasikan HPC ini antara lain Google, IBM, HP, Cray. Menurut Gerolf, selain perusahaan tersebut, banyak kalangan industri yang menggunakannya untuk pengembangan dan riset produk mereka, kolaborasi dengan perusahaan lain dan interaksi dengan konsumennya seperti call center. Sedangkan di kalangan perguruan tinggi, HPC banyak digunakan untuk penelitian-penelitian. Di kalangan pemerintah, HPC digunakan untuk bagian infrastrukturnya.

Pada workshop ini, hadir pula pembicara lain, yaitu Dr. Yudi Rosandi yang mengangkat materi “HPC, Planning, usage and application”. Dalam workshop ini, peserta akan belajar bagaimana merancang dan menggunakan fasilitas komputer yang paralel. Dari mulai desain kluster dasar hingga konfigurasi yang lebih maju. Tidak hanya diberi pemaparan secara teoritis, tapi peserta workshop ini juga akan diberi pelatihan berupa praktek langsung di laboratorium komputer. (eh)*

Program Doktor Ilmu Komputer

UJIAN KOMPREHENSIF
Ujian Komprehensif adalah Ujian Proposal Penelitian Disertasi ditambah dengan hasil yang dicapai, jika ada.
Persyaratan Ujian Komprehensif:

  1. Mahasiswa harus lulus semua matakuliah yang harus diambil, dengan IPK ≥ 3,25
  2. Batas Ujian Komprehensif yang dihitung sejak terdaftar sebagai mahasiswa S3 adalah:
    • Mahasiswa yang harus mengambil 8-12 sks : paling lambat 4 (empat) semester
    • Mahasiswa yang harus mengambil 13-18 sks : paling lambat 5 (lima) semester,
    • Mahasiswa yang harus mengambil >18 sks : paling lambat 6 (enam) semester

PERSYARATAN RESIDENSI
Pengertian residensi adalah melakukan registrasi sebagai mahasiswa S3. Persyaratan minimum residensi adalah 2 (dua) Semester berturut-turut sesudah yang bersangkutan melaksanakan Ujian Komprehensif.

PERSYARATAN TOEFL

  • Saat awal registrasi : Minimal 425
  • Saat akan Ujian Komprehensif : Minimal 450
  • Saat akan Ujian Tertutup :Minimal 500 atau lulus EPAP (English Program for Academic Purpose )

PENYELESAIAN STUDI

  1. Batas waktu penyelesaian studi : maksimum 12 (dua belas) Semester
  2. Syarat Publikasi untuk mengajukan ujian tertutup:
    • 1 buah Paper dimuat dalam Jurnal/Majalah Ilmiah Internasional, atau (ekivalen dengan)
    • 2 buah Paper dimuat dalam Jurnal/Majalah Ilmiah Nasional Terakreditasi, atau (ekivalen dengan)
    • 1 buah Paper dimuat dalam Jurnal/Majalah Ilmiah Nasional Terakreditasi, ditambah dengan 1 buah Paper yang dipresentasikan dalam Konferensi/Seminar Internasional

Catatan: Publikasi harus mencatumkan nama Tim Promotornya serta nama Program Studi S3 FMIPA UGM.

PERSYARATAN CUM LAUDE

  1. Publikasi: Memenuhi 2 (dua) kali syarat minimal
  2. Lama Studi : ≤ 4 (empat) Tahun
  3. IPK : ≥ 3, 75

ATURAN PERALIHAN

  1. Bagi mahasiswa yang masa studinya sudah ≥ 2 (dua) tahun, paling lambat 31 Desember 2008 sudah harus melaksanakan Ujian Komphensif
  2. Bagi mahasiswa yang sudah melaksanakan Ujian Komprehensif dan masa studinya sudah ≥ 6 tahun, paling lambat 31 Desember 2009 harus sudah lulus Ujian Tertutup
  3. Bagi mahasiswa yang dapat melaksanakan Ujian Komprehensif sebelum 1 September 2008 maka syarat kelulusan mengikuti aturan Sekolah Pascasarjana

ilmu tanpa amal bagaikan pohon tanpa buah

pekerjaan dan profesi

pekerjaan dan profesi

Orang butuh bekerja Bidang-bidang pekerjaan membutuhkan keahlian tertentu, baik bersifat umum maupun khusus. Biasanya orang menjadi “ahli” dalam pekerjaannya : contoh : Seorang pekerja bangunan pandai membangun gedung Seorang dokter …

etika

etika

“ethos” atau “ta etha” = adat istiadat atau kebiasaan berkaitan dengan kebiasaan hidup yg baik (individu atau masyarakat), aturan hidup yg baik. Etika = kebiasaan Nilai dan norma-norma …

indeks prihatin (ip) tinggi bikin sukses

indeks prihatin (ip) tinggi bikin sukses

dalam dunia pendidikan ip dikenal dengan indeks prestasi seorang mahasiswa, dalam ilmu kepepetpreneur skill ip penulis ganti menjadi indeks prihatin. indeks prihatin menunjukkan tingkat prihatin …

manfaat dan aplikasi komputer

manfaat dan aplikasi komputer

Bidang Pendidikan Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 …

ilmu komputer

ilmu komputer

CSAB (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) mendefinisikan Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, …

konsep komputer

konsep komputer

Banyak pendapat tentang definisi dari kata “komputer”, yang nantinya berkembang pada definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan teknologi Informasi. Istilah dari komputer itu …

ergonomy

ergonomy

ERGONOMI – HUMAN ENGINEERING – HUMAN FACTORS ENGINEERING – ENGINEERING PSYCHOLOGY HARI LAHIR ERGONOMI: 12 JULI 1949 (THE HUMAN RESEARCH GROUP, INTERDISCIPLINARY) ASAL KATA DARI BAHASA YUNANI: (PERESMIAN 16 …

produk yang baik

produk yang baik

Produk yang baik – Useful (berguna) dapat menyelesaikan apa yg dibutuhkan. – Usable (dapat digunakan) dapat dikerjakan dengan mudah dan alamiah. – Used (digunakan) Membuat orang menggunakannya, …

manusia dan komputer

manusia dan komputer

By. Idhawati Hestiningsih interaksi manusia dan komputer bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksi - komunikasi …

ergonomi

ergonomi

“ ERGON “ berarti BEKERJA “ NOMOS “ berarti ATURAN atau HUKUM ERGONOMI adalah Suatu aturan atau norma dalam system kerja. di Amerika disebut …

Ilmu

Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia [1]. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya[2].

Contoh: Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi kedalam hal yang bahani (materiil saja) atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika membatasi lingkup pandangannya ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang kongkrit. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jauhnya matahari dari bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi sesuai untuk menjadi perawat.

Etimologi

Kata ilmu sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Arab "ilm"[3] yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan lain sebagainya.

[sunting] Syarat-syarat ilmu

Berbeda dengan pengetahuan, ilmu merupakan pengetahuan khusus dimana seseorang mengetahui apa penyebab sesuatu dan mengapa. Ada persyaratan ilmiah sesuatu dapat disebut sebagai ilmu[4]. Sifat ilmiah sebagai persyaratan ilmu banyak terpengaruh paradigma ilmu-ilmu alam yang telah ada lebih dahulu.

  1. Objektif. Ilmu harus memiliki objek kajian yang terdiri dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun bentuknya dari dalam. Objeknya dapat bersifat ada, atau mungkin ada karena masih harus diuji keberadaannya. Dalam mengkaji objek, yang dicari adalah kebenaran, yakni persesuaian antara tahu dengan objek, dan karenanya disebut kebenaran objektif; bukan subjektif berdasarkan subjek peneliti atau subjek penunjang penelitian.
  2. Metodis adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran. Konsekuensi dari upaya ini adalah harus terdapat cara tertentu untuk menjamin kepastian kebenaran. Metodis berasal dari kata Yunani “Metodos” yang berarti: cara, jalan. Secara umum metodis berarti metode tertentu yang digunakan dan umumnya merujuk pada metode ilmiah.
  3. Sistematis. Dalam perjalanannya mencoba mengetahui dan menjelaskan suatu objek, ilmu harus terurai dan terumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya. Pengetahuan yang tersusun secara sistematis dalam rangkaian sebab akibat merupakan syarat ilmu yang ketiga.
  4. Universal. Kebenaran yang hendak dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (tidak bersifat tertentu). Contoh: semua segitiga bersudut 180ยบ. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat. Belakangan ilmu-ilmu sosial menyadari kadar ke-umum-an (universal) yang dikandungnya berbeda dengan ilmu-ilmu alam mengingat objeknya adalah tindakan manusia. Karena itu untuk mencapai tingkat universalitas dalam ilmu-ilmu sosial, harus tersedia konteks dan tertentu pula.

[sunting] Pemodelan, teori, dan hukum

Artikel utama: metode ilmiah

Istilah "model", "hipotesis", "teori", dan "hukum" mengandung arti yang berbeda dalam keilmuan dari pemahaman umum. Para ilmuwan menggunakan istilah model untuk menjelaskan sesuatu, secara khusus yang bisa digunakan untuk membuat dugaan yang bisa diuji oleh percobaan/eksperimen atau pengamatan. Suatu hipotesis adalah dugaan-dugaan yang belum didukung atau dibuktikan oleh percobaan, dan Hukum fisika atau hukum alam adalah generalisasi ilmiah berdasarkan pengamatan empiris.

[sunting] Matematika dan metode ilmiah

Matematika sangat penting bagi keilmuan, terutama dalam peran yang dimainkannya dalam mengekspresikan model ilmiah. Mengamati dan mengumpulkan hasil-hasil pengukuran, sebagaimana membuat hipotesis dan dugaan, pasti membutuhkan model dan eksploitasi matematis. Cabang matematika yang sering dipakai dalam keilmuan di antaranya kalkulus dan statistika, meskipun sebenarnya semua cabang matematika mempunyai penerapannya, bahkan bidang "murni" seperti teori bilangan dan topologi.

Beberapa orang pemikir memandang matematikawan sebagai ilmuwan, dengan anggapan bahwa pembuktian-pembuktian matematis setara dengan percobaan. Sebagian yang lainnya tidak menganggap matematika sebagai ilmu, sebab tidak memerlukan uji-uji eksperimental pada teori dan hipotesisnya. Namun, dibalik kedua anggapan itu, kenyataan pentingnya matematika sebagai alat yang sangat berguna untuk menggambarkan/menjelaskan alam semesta telah menjadi isu utama bagi filsafat matematika.

Lihat Eugene Wigner, The Unreasonable Effectiveness of Mathematics.

Richard Feynman berkata, "Matematika itu tidak nyata, tapi terasa nyata. Di manakah tempatnya berada?", sedangkan Bertrand Russell sangat senang mendefinisikan matematika sebagai "subjek yang kita tidak pernah tahu apa yang sedang kita bicarakan, dan kita tidak tahu pula kebenarannya." -->

[sunting] Bidang-bidang keilmuan

[sunting] Ilmu alam

[sunting] Ilmu sosial

[sunting] Ilmu terapan


[sunting] Tema terkait

[sunting] Lihat pula

Beranda

Ilmu Komputer di Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tahun 2005 dan terdiri atas dua program studi: Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer dan Prodi Pendidikan Ilmu Komputer. Prodi Ilmu Komputer menghasilkan Sarjana Komputer (S.Kom) dan Prodi Pendidikan Ilmu Komputer menghasilkan Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan akta IV Pendidikan Ilmu Komputer. Kedua prodi ini merupakan bagian dari Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Mulai dari tahun 2009 kedua prodi ini telah menghasilkan lulusan.

Lulusan Prodi Ilmu Komputer diharapkan menjadi sarjana komputer yang memiliki kemampuan yang kuat dalam inovasi, analisis, perancangan dan implementasi sistem IT. Sedangkan lulusan Pendidikan Ilmu Komputer diharapkan menjadi guru TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang kompeten dan mampu memadukan antara teknologi informasi dengan pendidikan. Ini sejalan dengan visi utama unit akademik UPI yaitu mampu menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif serta mampu berkembang secara berkelanjutan.

Kedua prodi ini didukung oleh intake mahasiswa yang berkualitas. Prodi Pendidikan ilkom adalah prodi dengan tingkat ketetatan masuk tertinggi se-UPI di tahun 2009, sedangkan Prodi Ilkom tertinggi diantara prodi non kependidikan yang lain.

Sedangkan dosen-dosen berasal dari bidang kependidikan maupun ilmu komputer/Informatika atau bahkan kombinasi keduanya. Saat ini terdapat 15 dosen tetap dan terus bertambah.

Lab Pemrograman Lanjut Lab Dasar Lab Basisdata Lab Multimedia
Sebagian Lab Komputer

Dari sisi fasilitas, saat ini Prodi Ilkom dan Pendidikan Ilkom menempati Gedung FPMIPA-C (Gedung Ilkom) yang baru direnovasi. Terdapat delapan laboratorium komputer pada gedung ini yaitu dua lab dasar, lab pemrograman lanjut, lab basisdata, lab multimedia, lab jaringan, lab kecerdasan buatan dan lab sistem informasi.

Selain mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat aktif berorganisasi melalui KEMAKOM (Keluarga Mahasiswa Ilmu Komputer), dengan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan tahunan DINAMIK. Selain itu mahasiswa dapat memilih unit-unit yang sesuai di UPI baik olahraga, kesenian maupun keagamaan.

Untuk masuk ke Prodi Ilkom dan Pendidikan Ilkom calon mahasiswa dapat mengikuti tiga jalur: jalur SNMPTN, jalur penelusuran minat dan bakat (PMDK) dan jalur Ujian Masuk UPI (UM-UPI).

Pengetahuan Gratis Papas Kesenjangan Digital

Awal bulan Maret yang lalu, aparat kepolisian di Jakarta dikabarkan berhasil meringkus kelompotan pemalsu komputer yang disinyalir telah memasarkan ribuan komputer bekas hasil rekondisi. Oleh kalangan teknologi informasi (TI), keberhasilan polisi ini dianggap sebagai sebuah ironi karena mereka berpandangan praktek rekondisi komputer bukanlah aksi kriminal, melainkan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan komputer murah.

Kalangan TI berargumen ketersediaan komputer dengan harga terjangkau akan membantu upaya pemerintah untuk mengikis kesenjangan digital di tengah masyarakat, sebagaimana target Tujuan Pembangunan Milenium (MDG–Millenium Development Goals) yang mengamanatkan separuh dari jumlah populasi di Indonesia harus melek teknologi komputer pada tahun 2015. Ini berarti minimal 100 juta penduduk Indonesia harus mengenal komputer dalam dalam 8 tahun mendatang.

Pada kenyataannya, saat ini kurang dari 10% atau 21 juta penduduk negara kita yang telah mengenal komputer, tertinggal jauh dibanding negara-negara lain di Asia. Coba tengok kondisi beberapa negara tetangga terdekat kita, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Di ketiga negara ini, tingkat kepemilikan komputer rata-rata mencapai 30% dari jumlah penduduk. Yang lebih mengagumkan adalah India, meski tingkat kepemilikan komputer hanya 12 unit per 1000 penduduk (atau hanya 0,12%) namun lapangan kerja dalam bidang TI telah mampu menyedot lebih dari 500.000 pekerja profesional. Angka ini melampaui jumlah pekerja di pusat industri TI Silicon Valley di Amerika Serikat.

Dari kasus India di atas dapat disimpulkan tingkat kesenjangan digital bukan melulu dipengaruhi oleh tinggi-rendahnya tingkat kepemilikan komputer, namun juga tingkat penguasaan dan pemanfaatan aneka jenis piranti lunak (software). Dalam hal ini, negara kita masih serba salah. Pertengahan tahun 2004 lalu Business Software Alliance (BSA), aliansi perusahaan-perusahaan piranti lunak komersial sedunia, mengeluarkan sinyalemen bahwa 87% sistem operasi dan aplikasi yang terpasang di semua komputer di Indonesia adalah produk ilegal alias bajakan.

Fakta di atas memunculkan dilema bagi dunia TI Indonesia. Tetap mempergunakan piranti lunak ilegal sama artinya melanggar Undang-undang Hak Cipta No 19/2002 dan terancam sanksi internasional, namun untuk sepenuhnya mempergunakan piranti lunak legal kemampuan ekonomi sebagian besar pemilik komputer di Indonesia masih belum memadai. Di sisi lain, tawaran alternatif untuk menggunakan piranti lunak open source (sumber bebas—sebagian besar dapat diperoleh dengan gratis) masih kurang populer bagi sebagian besar pengguna komputer. Menyikapi hal ini, tentu dibutuhkan solusi cerdas sehingga target 50% penduduk Indonesia melek komputer pada tahun 2015 tidak berakhir menjadi mimpi muluk.

Belajar TI Gratis
Sebuah sodoran solutif diajukan melalui www.ilmukomputer.com, sebuah situs internet yang menyediakan ratusan materi aneka pengetahuan mengenai komputer. Situs yang hadir sejak tahun 2003 ini dipelopori oleh Romi Satria Wahono, seorang staf Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Menariknya, materi-materi ini bisa didapatkan secara gratis, sebuah tawaran langka ditengah maraknya praktek komersialisasi ilmu pengetahuan di negara kita.

Penyuka aplikasi perkantoran tentu akan terbantu oleh uraian mengenai Microsoft Office (terdiri atas aplikasi MS Word, Excel, Access, Powerpoint dan Frontpage) dan Open Office. Bagi yang ingin belajar mengenai sistem operasi, tersedia panduan mengenai sistem operasi Windows dan Linux. Tersedia juga tutorial aplikasi untuk membuat database, desain grafis, teknik mengelola jaringan, merakit komputer, pemrograman hingga sejumlah artikel mengenai sejarah komputer, tokoh-tokoh komputer, netiket (etiket di dunia internet) dan beberapa makalah hasil penelitian. Layanan-layanan itu cukup mudah dimanfaatkan, terlebih semua materi disajikan dalam Bahasa Indonesia.

Sumberdaya tersebut tidak dikembangkan seorang diri oleh Romi, tetapi juga melibatkan ratusan kontributor sukarela dari berbagai kota di Indonesia dan luar negeri. Melalui internet, para kontributor mengirimkan tutorial/materi kuliah, terjemahan, ulasan, atau bermacam-ragam tips praktis yang kemudian disajikan ke dalam kategori-kategori materi kuliah pengantar, umum atau berseri. Bentuk kontribusi tidak hanya sebatas menyumbangkan materi tertulis, namun juga konsultasi online dengan Yahoo Messenger hingga menjadi panitia seminar.

Meskipun sebagian materi kuliah bisa dibaca atau didengar langsung pada websitenya, namun hampir seluruh materi kuliah harus didownload terlebih dahulu. Dokumen disajikan dalam bentuk dokumen elektronis pdf yang bisa dibaca dengan aplikasi gratis Adobe Acrobat Reader yang juga disediakan di situs ini. Jika sambungan internet atau waktu Anda terbatas untuk melakukan download, jangan kuatir karena pengelola situs ini juga menyediakan layanan pengiriman materi-materi yang telah disimpan dalam cakram data (CD) ke alamat Anda. Sebagai alternatif, anda juga bisa mengambil sendiri kiriman CD ke distributor-distributor yang tersebar di 18 kota di Indonesia dan beberapa kota di Arab Saudi, Korea serta Qatar. Seperti halnya layanan lainnya, pengiriman CD ini juga tidak dikenakan biaya sepeserpun.

Dengan semboyan “Kuliah Ilmu Komputer Gratis”, situs ini seolah mendesakkan kesadaran bahwa ilmu pengetahuan selayaknya diperoleh secara cuma-cuma dan tidak harus diburu melalui bangku pendidikan formal.

Situs Terbaik, Materi Lama
Dibalik perwajahan situs yang tetap sederhana, pada bulan Januari 2006 pengelola berupaya membuat terobosan dengan memperkenalkan layanan kuliah radio online (siaran radio digital yang didistribusikan melalui koneksi internet). Dalam program yang disiarkan setiap hari mulai pukul 17.00-20.00, pengunjung situs bisa mengikuti dua kuliah seperti lazimnya mendengarkan radio. Sayangnya, terobosan serupa itu tidak dilakukan pada materi tertulis. Sebagian besar materi yang tersedia dikembangkan pada tahun 2003, dan yang paling baru ditulis bulan Oktober 2005. Padahal perkembangan teknologi komputer terjadi dalam hitungan bulan, sehingga informasi dalam materi-materi kuliah di situs ini sudah terhitung ketinggalan jaman.

Perkembangan jenis layanan memunculkan konsekuensi meningkatnya biaya operasional yang harus ditanggung pengelola. Selama ini pengelola ilmukomputer.com masih bisa menyandarkan diri pada hasil donasi dan sponsorship dalam bentuk pemasangan iklan. Sesekali kebutuhan ini dicukupi dengan melakukan aksi heroik “mengamen” dihadapan para peserta yang mengikuti seminar-seminar yang mereka selenggarakan secara gratis.

Kegigihan para pengelola ilmukomputer.com mengupayakan terkikisnya kesenjangan digital rupanya tidak luput dari perhatian dan penghargaan sejumlah pihak termasuk dari kalangan pemerhati TI internasional. Karena dedikasi dan manfaatnya, pada tahun 2003 situs ini dianugerahi Diamond Web Award dan Golden Web Award. Setahun kemudian penghargaan dari WSIS Award 21 Continental Best Practice Example kategori e-Learning diraihnya. Beberapa penghargaan dari lembaga-lembaga di dalam negeri juga diperolehnya.

Tentu saja rendahnya tingkat melek komputer di Indonesia tidak serta merta terpapas habis dengan hadirnya situs ilmukomputer.com. Namun tidak dapat disangkal kehadirannya telah menjadi elemen penting dalam proses pembelajaran digital di tengah masih minimnya dukungan infrastruktur dan kebijakan pemerintah pada dunia teknologi informasi (TI).

ilmu pengetahuan komputer

1. Ilmu Computer
... terdapat pada folder C: pada komputer anda , bila sulit menemukan gunakan ... Selama kuliah hobi dengan dunia komputer terutama internet, sehingga pernah menggerjakan ... minatnya dalam mendalami dan mengembangkan pengetahuan tentang web programming. Penulis juga ... ...
ewanafm.informe.com
10:04:45, 8.04.07
2. Sejarah Internet
... awalnya Internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan ... 1972. Pada tahun 1981, jumlah komputer bergabung dalam ARPANET hanya 213 ... (National Science Foundation) suatu lembaga ilmu pengetahuan seperti LIPI di Indonesia. ... ...
gnsc.informe.com
16:49:08, 15.11.2008
3. Yang Perlu Anda Tahu tentang E-learning
... dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya ... belajar), memiliki sarana belajar yang menunjang (misalnya: komputer , akses internet, fax, printer), keterampilan dan strategi ... ...
gonjangganjing.informe.com
11:13:36, 9.04.08
4. Hakikat kemelut ekonomi Melayu
... yang wajar dibantu mestilah berdasarkan kemahiran, kemampuan dan pengetahuan mereka dan bukan setakat menambahkan jumlah untuk dilaporkan ... projek yang terbengkalai ataupun sesuatu pemasangan seperti komputer di sekolah-sekolah yang tidak betul. Selain ... ...
informasi.informe.com
20:51:00, 13.11.2007
5. D-III KHUSUS AKUNTANSI PEMERINTAH
... bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan , ketrampilan, dan sikap sehingga mampu menjadi tenaga ... Pemeriksaan Kinerja Instansi Pemerintah Perpajakan Indonesia Aplikasi Komputer Akuntansi dan Keuangan Manajemen Barang Milik ... ...
alfarismantig.informe.com
10:55:48, 4.03.07
6. D-III KHUSUS ADMINISTRASI PERPAJAKAN
... ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan , keterampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli ... ( MKK ) Pengantar Ilmu Ekonomi Statistik Organisasi, Bisnis dan Manajemen Pengantar Komputer Pengantar Keuangan Publik ... ...
alfarismantig.informe.com
10:55:00, 4.03.07
7. D-III AKUNTANSI PEMERINTAH
... bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan , ketrampilan, dan sikap sehingga mampu menjadi tenaga ... Kuliah Keilmuan dan Keterampilan ( MKK ) Pengantar Ilmu Ekonomi Pengantar Komputer Statistik Bisnis dan Manajemen Pengantar ... ...
alfarismantig.informe.com
10:52:26, 4.03.07
8. D-III PENGURUS PIUTANG DAN LELANG
... ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu mengingkatkan pengetahuan , keterampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli ... Kuliah Keilmuan dan Keterampilan ( MKK ) Pengantar Ilmu Ekonomi Pengantar Komputer Statistik Pengantar Keuangan Publik ... ...
alfarismantig.informe.com
10:51:12, 4.03.07
9. D-III PENILAI / PBB
... bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu mengingkatkan pengetahuan , keterampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli ... Kuliah Keilmuan dan Keterampilan ( MKK ) Pengantar Ilmu Ekonomi Pengantar Komputer Statistik Pengantar Akuntansi Manajemen ... ...
alfarismantig.informe.com
10:50:15, 4.03.07
10. D-III PERPAJAKAN
... bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan , keterampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli ... Kuliah Keilmuan dan Keterampilan ( MKK ) Pengantar Ilmu Ekonomi Pengantar Komputer Statistik Organisasi Bisnis dan Manajemen ... ...
alfarismantig.informe.com
10:46:42, 4.03.07

Penggunaan PC Sebagai Router Untuk Dua Jaringan - Ilmu Pengetahuan Komputer Indonesia

Sebenarnya artikel ini baru gua implementasikan di kantor. maklum aq punya notebook dng fasilitas wi-fi sedangkan kantor nga' mau beliin ap so terpaksa dech server yang aq pengang tak obok2
kaya lagu josua :)

pertama2 untuk server internet nya gua jadiin router untuk LAN aq caranya ya Koneksi internet gua sahare terus gua coba di client oke dech :)

Server Internet Lan Card
IP : xxx.xxx.xxx.xxx
SM : xxx.xxx.xxx.xxx
Getway :xxx.xxx.xxx.xxx
DNS : xxx.xxx.xxx.xxx
DNS 2 : xxx.xxx.xxx.xxx

n jangan lupa share in di propertis, advance

Di dapat dari ISP atau provider anda :)

nah buat SERVER Intranet Lan Card

IP : 192.168.1.1
SM : 255.255.255.0
untuk getway,dns kosongin aja :)

nah di komputer client

IP : 192.168.1.xxx ( ingat 2-254 ) tidak boleh ada no yang sama untuk komputer. oke :)
Sm : 255.255.255.0
Getway : 192.168.1.1
DNS : 192.168.1.1

so koneksi oke dech

terus buat notebook aq aku beli USB wi-fi adaptor n colokin di router n kasi setingan sebagai AP dengan setingan

IP : 192.168.2.1
SM : 255.255.255.0

getway n dns juga aq kosongin dech

terus buat client aq buat setingan

IP : 192.168.2.2
SM : 255.255.255.o
Getway : 192.168.1.1
DNS : xxx.xxx.xxx.xxx
DNS2 : xxx.xxx.xxx.xxx

dns aq samain dengan yang ada di server internet lan card

konek dech internet di notebook aq tanpa harus beli akses point yang mahal

n ini bisa untuk 20 an notebook loo