Senin, 18 Januari 2010

Menangkap sinyal 3G Dengan Wajan Bolic dan Antena Bazooka

Awalnya dari keinginan hati tuk bisa ber-internet ria pake komputer di rumah..., soalnya selama ini aq ngenetnya selalu di warnet yang tau ndiri khan, klo diitung itung masih terbilang mahal....( sorry nggak bermaksud nakut nakutin para warnett-ers;lhoo...). akhirnya aku memuter otak ku yang maklum rada telmi....he..he..;;. mo pake speedy...kagak kuat bayar bulanannya, mo ke warnet duit nipis.... akhirnya aq baru sadar klo..hp ku bisa buat 3G maklum rada katrok...he..he..
dengan semangat kuputuskan tuk jadikan hp sebagai modem to PC. tp dari sini aku masih bingung...,aqku musti pake kartu GSM apa ya yang buat internetan bisa murah..., dan setelah browsing dan nanya -nanya ke paman google. disana ada IM2 broom yang menawarkan koneksi 3,5 G yang kuenceng..dengan paket pra bayar cuma 100 ribu per bulan dan yang satunya ditawarin telkomselflash dengan harga dikit mahal klo nggak salah 125 ribu perbulan tp cuma untuk pelanggan kartu Hallo. kemudian setelah bertapa selama 1 hari penuh akhirnya aku putuskan tuk make IM2 Broom indosat. setelah dapet kartu perdananya dengan bangganya aku pasang dirumah dan konek ke PC. weee... la da lah.. la kok lemot yo...kayak siput lagi bawa karung beras ...dan sinyal 3G nya kok juga gak muncul.( dengan hati dikit dongkol). aku nanya lagi ama paman google ku yang cuakep dan sueedep..!! dan akhirnya aku dikenal kan ama paman google sebuah antena wajan bolic + Bazzoka 3G yang setelah ku pelajari ternyata nggak rumit rumit amat...kok buatnya, tuk saat ini aku juga lagi eksperimen buat tuch antena...and lom slesai..
tapi aku ingin berbagi pengetahuan dan ilmunya supaya orang orang indonesia pada pinter2 cmua..., ya mungkin aja dari masalah ini muncul ide 2 baru yang lebih cemrlang. aku ingin me-review tulisan mereka yang udah sukses duluan dengan antena wajan bolic + bazzoka 3G supaya lebih banyak diketahui oleh netter mania...! so biar gak berbelit - belit berikut cara bikinnya:

Ini bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. Pipa paralon 4 dim panjangnya 60 cm catatan : paralon panjangnya bisa dibawah 60cm. batas minimal >23 cm, aku pake ukuran 50 cm biar nggak terlalu panjang.
2. Tutup/Dop paralon 4 dim lakban Aluminium ( harga lumayan mahal karena harus beli 1 roll..) ,
3. Usb extention / Kabel perpanjangan USB ( harganya sekitar 4-5 ribuan )
4. Peralatan tuk membuat antena (gergaji besi yang kecil, cutter, bor kecil tuk melubangi bag usb)

Cara Pembuatannya:
1. siapkan pipa 4 inch, lalu potong sepanjang 50 cm, boleh lebih atau kurang, panjang antara 23
- 60 cm. berikut gambar nya:





3. Lubangi lakban aluminium pada posisi 6.8cm tempat USB modem 3G akan di masukan. Lapisi pinggiran lubang USB modem 3G dengan lakban aluminium agar nantinya ground USB modem 3G akan bersentuhan dengan lakban aluminium.




4. Siapkan dop pipa 4 inch untuk menutup pipanya. beri isoalasi alumunium pada bagian dalam nya hingga merata , supaya dapat kontak danterhubung langsung dengan body paralon bagian luar. lubangi bagian tengahnya untuk tempat mur dan baut. yang nantinya digunakan untuk di pasang di tang atau tower




5. tutup pipa paralon dengan dop nya hingga benar -benar rata, ingat harus rata ,jika tidak maka





jarak antara lubang usb dengan pangkal dopnya berubah.



Nah selesai dech pembuatan antena bazooka 3G. gampang khan !! yang sulit ntar adalah proses pointing...mesti membutuhkan kesabaran. cari sinyal yang terkuat. selamat mencoba.

1 komentar:

  1. kk, boleh jelasin teorinya ngga, knp aluminium bisa menangkap sinyal 3G dan lebih kuat dibandingkan tidak menggunakan aluminium? soalnya ada tugas disekolah buat cari teori ini.. tolong dijwb ya kk.. makasi

    BalasHapus